BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Kamis, 22 April 2010

Jenis-Jenis Web Science

Pada posting sebelumnya, saya telah menjelaskan apa itu Web Science ( http://gan-ndik.blogspot.com/2010/03/web-science.html ) . Untuk mengingat kembali , web science itu adalah jaringan yang memuat seluruh ilmu pengetahuan dengan berpusat pada komputer science.

Sekarang saya akan mencoba menjelaskan jenis-jenis dari web science. Seperti yang kita ketahui , jika berbicara tentang science berarti berbicara juga tentang macam-macam pengetahuan. Tapi saat ini saya akan menjelaskan macam-macam pengetahuan yang berhubungan / berkaitan dengan web , makanya mungkin disebut dengan Web Science.

Dari gambar diatas , terdapat banyak sekali macam-macam ilmu pengetahuan yang saling berkaitan dengan Web atau jaringan. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut :
1. Web Engineering
2. Artificial Intelligence
3. Mathematics
4. Psychology
5. Biology
6. Ecology
7. Sociology
8. Socio Culture
9. Law
10. Economics
11. Media.

Dari sebelas jenis yang ada , disini saya akan mencoba menjelaskan jenis yang pertama (Web Engineering) dan kedua (Artificial Intelligence) , karena jenis-jenis yang lain sudah tidak perlu dijelaskan lagi karena menurut saya sudah sering atau banyak yang mengetahuinya. Dimana jenis nomer tiga sampai enam berkaitan dengan MIPA (Matematika dan IPA) ,Sedangkan nomer tujuh sampai 10 berkaitan dengan ilmu IPS.

1. Web Engineering (Rekayasa Web)
Web Engineering dapat dikatakan sebagai salah satu cabang independen dari rekayasa perangkat lunak (software engineering). Engineering secara umum berarti aplikasi praktis dari sains untuk dunia komersil atau industri dengan tujuan agar perancangan aplikasi menjadi lebih baik (lebih cepat, lebih murah atau lebih aman). Software Engineering didefinisikan sebagai aplikasi dari sain dan matematika dengan bantuan kapabilitas perangkat komputer sehingga menjadi berguna (useful) bagi manusia melalui program komputer, prosedurprosedur dan dokumentasi pendukungnya (Boehm 1976).


2. Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Kecerdasan buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Encyclopedia Britannica)

Tujuannya menurut Wonston & Prendergast adalah
1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (Tujuan Utama)
2. Memahami apa itu kecerdasan (Tujuan Ilmiah)
3. Membuat mesin lebih bermanfaat (Tujuan Entrepreneurial)

Demikianlah penjelasan yang dapat saya jelaskan mengenai Jenis-jenis dari Web Science jika dilihat berdasarkan gambar yang ada.
Jika ada penjelasan saya yang masih salah tentang Jenis-Jenis Web Science , saya mohon maaf.

Referensi :
http://gan-ndik.blogspot.com/2010/03/web-science.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Web_Engineering

http://www.kuliahwebmaster.info/?p=6

http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&ct=res&cd=1&ved=0CAYQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwsilfi.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F4338%2F1-AI.pdf&rct=j&q=Artificial+Intelligence+adalah&ei=zkzRS-uvNI6wrAf785iHDg&usg=AFQjCNHjaewvdP9F6fG-VTUWtdoCKYy52g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger